Artikel
Meningkatkan ketrampilan menulis teks puisi melalui metode Outdoors Study
Kegiatan pembelajaran menulis puisi yang diajarkan oleh guru selama ini perlu ditinjau kembali. Metode pembelajaran tradisional yang membatasi aktivitas dan kreativitas siswa harus ditinggalkan. Peneliti an ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui metode Outdoor study dengan masa penelitian satu bulan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data diolah secara kuantitatif. Hasil yang diperoleh bahwa keterampilan siswa dalam menulis puisi meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui hasil belajar dari siklus I sebesar 74,39 % dan pada siklus II menjadi 86,25 %. Demi kian pula hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 86,60 % dan pada siklus II menjadi 93.75 %, sedangkan hasil aktivitas siswa pada siklus I sebesar 84,08 % dan pada siklus II menjadi 89,28 %. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran melalui metode Outdoor Study meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain