Artikel
Pembelajaran berbasis proyek dalam keterampilan berbicara siswa kelas x MAN Kota Batu
Learning Arabic speaking skills is very important in learning a foreign language because language is acommunication tool. However, students experience difficulties in developing Arabic speaking skills.This is due to the lack of student motivation and practice in speaking Arabic. So a project-based learning strategy is used to overcome this problem. This learning process can make students moreactive and creative in learning to speak Arabic. This research was conducted to describe project-basedlearning strategies in speaking skills in the Arabic language learning process for class X MAN Batu Citystudents. This research method uses descriptive qualitative, namely describing the data obtained. Thedata sources in this research are teachers and students of class X MAN Batu City. The data analysistechnique used in this research describes the results of observations, interviews, student product results and student responses to the learning process. The findings of this research are that theproject-based learning process for class X students’ speaking skills at MAN Batu City can stimulate motivation and enthusiasm for learning. In conclusion, project-based learning aims to solve problemsand teach students to think critically in the product completion process. The steps that teachers canuse in the project-based learning process are: 1) determine the basic problem, 2) create a project plan,3) work on the project, 4) present the product results, 5) assess, and 6) evaluate. The product resultsare used as a student portfolio to determine their learning progress. This learning strategy can be practiced by teachers in the process of learning Arabic or other foreign languages
Pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Arab sangat penting dalam belajar Bahasa asing karena Bahasa merupakan alat komunikasi. Namun siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan berbicara Bahasa Arab. Hal ini disebabkan kurangnya motivasi siswa dan praktik berbicara Bahasa Arab. Maka strategi pembelajaran berbasis proyek digunakan untuk mengatasi maslah tersebut.Proses pembelajaran ini dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam belajar berbicara Bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran berbasis proyek dalam ketrampilan berbicara pada proses pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas X MAN Kota Batu. Metodepenelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh. Sumberdata pada penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas X MAN Kota Batu. Teknik analisis data yang digunakandalam penelitian ini mendeskripsikan hasil observasi, wawancara, hasil produk siswa dan respon siswa terhadap proses pembelajaran. Temuan hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran berbasis proyek keterampilan berbicara siswa kelas X di MAN Kota Batu bisa memacu motivasi dan semangat belajar.Kesimpulannya pembelajaran berbasis proyek bertujuan untuk memecahkan masalah dan mengajarkan siswa berpikir kritis dalam proses penyelesaian produk. Langkah-langkah yang dapat dipakai guru dalam proses pembelajaran berbasis proyek adalah: 1) tentukan permasalahan yang mendasar, 2) membuat rencana proyek, 3) mengerjakan proyek, 4) mempresentasikan hasil produk, 5) menilai, dan 6) evaluasi.Hasil produk digunakan sebagai portofolio siswa untuk mengetahui perkembangan belajarnya. Strategi pembelajaran ini bisa dipraktikkan guru dalam proses belajar bahasa Arab atau bahasa asing lainnya
17/02/2023-17 | J 370.5 Ino | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain