Artikel
Pendidikan, pola pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan partisipasi masyarakat dalam pembangunan sesuai tuntutan otonomi daerah :
Sikap apatis masyarakat terhadap proyek pembangunan, partisipasi masyarakat yang rendah dalam pembangunan, penolakan masyarakat terhadap beberapa proyek pembangunan, ketidakberdayaan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan serta pemecahan masalahnya, tingkat adopsi masyarakat yang rendah terhadap inovasi, dan masyarakat cenderung menggantungkan hidup terhadap bantuan pemerintah, serta kritik-kritik lainnya yang umumnya meragukan bahwa masyarakat memiliki potensi untuk dilibatkan sebagai pelaksana pembangunan. Meskipun kritik-kritik di atas ada benarnya, tetapi dengan hanya menyalahkan masyarakat tanpa mencari faktor penyebabnya maka permasalahannya tidak dapat dipecahkan. Yang lebih penting adalah mencari solusi yang sifatnya komprehensif. Faktor penyebab utama permasalahan itu adalah rendahnya sumberdaya manusia (SDM). Karena itu, upaya-upaya perlu pemberdayaan masyarakat melalui aktualisasi pendidikan perlu mendapat perhatian.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain