Artikel
Profil gaya berpikir siswa SMP dalam belajar matematika :
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan profil gaya berpikir siswa SMP, dalam kaitannya dengan prestasi belajar matematika, yang dapat digunakan sebagai suatu pertimbangan bagi guru dalam melayani/membimbing siswa berdasarkan gaya individual dalam belajar matematika. Penelitian ini juga dapat menjadi umpan balik dalam menilai apakah pengejaran yang selama ini terlaksana sebagai masukan instrumental memberikan dampak berarti bagi pengembangan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) siswa dengan gaya belajar Field Dependent (FD) pada umumnya berpikir sekuensial konkret, sedangkan siswa Field Independent (FI) berpikir acak konkret; (2) gaya berpikir mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP; dan (3) prestasi belajar matematika siswa FI lebih baik jika dibandingkan siswa FD. Sebagai implikasi yang diperoleh dari penelitian ini, disarankan agar dalam pembelajaran matematika dioptimalkan interaksi antara siswa FI dan FD. Dopink.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain