Artikel
Pengaruh penilaian berbasis kelas dan metode pembelajaran terhadap hasil belajar matematika setelah mengontrol pengetahuan awal matematika siswa :
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh penilaian berbasis kelas dan metode metode pembelajaran terhadap hasil belajar matematika setelah mengontrol pengetahuan siswa awal matematika. Sampel dalam penelitian ini 160 siswa yang terdiri dari siswa SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 9 Kendari yang diambil dengan teknik cluster random smpling dan desain eksperimen 2X2 faktorial berdasarkan penilaian berbasis kelas dan metode pembelajaran sebagai varaibel bebas [perlakuan], hasil belajar maematika sebagai variabel kriteria, dan pengetahuan awal matematika siswa sebagai variabel kovariat. Temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)hasil belajar matematika kelompok siswa yang diberi penilaian kinerja lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi penilaian tes tertulis setelah mengontrol pengetahuan awal matematika siswa 2)hasil belajar matematika kelompok siswa yang diberi metode pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi...ifa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain