Artikel
Pengembangan tes kompetensi pedagogik guru SMK bidang keahlian teknik bangunan :
Studi ini bertujuan mengembangkan instrumen yang valid dan reliabel untuk mengukur kompetensi pedagogik guru SMK bidang keahlian teknik bangunan. Sampel dalam studi ini yaitu guru SMK di kota Medan yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Studi ini dilakukan dua pase: uji coba rasional melalui penilaian pakar kemudian ujicoba empiris. Pase pertama, dilibatkan 20 orang pakar, seperti dosen jurusan pendidikan teknik bangunan. Pase kedua, uji coba tes kompetensi bagi 276 guru SMK. Validitas konstrak dijui dengan analisis faktor. Hasilnya ditemukan bahwa konstruknya cocok dengan faktor loading besar dari 0.30. Hasil rotasi dengan varimax dibandingkan dengan teori, untuk dimensi pedagogik diperoleh 10 faktor. Reliabilitas tes dianalisis dengan rumus KR-20. Hasil menunjukkan bahwa tes relatif reliabel dengan koefisien 0.826. Kemudian tes tersebut dapat digunakan untuk mengukur kompetensi pedagogik guru SMK bidang keahlian teknik bangunan.ifa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain