Artikel
Relevansi nilai-nilai ESD dan kesiapan guru dalam mengimplikasikannya di sekolah :
Penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui tentang relevansi nilai-nilai pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan [Education for Sustainable Development/ESD] untuk diberikan kepada peserta didik di tingkat satuan pendidikan sekolah dasar, terutama di kelas rendah, dan kesiapan guru melaksanakan ESD di Indonesia yang dapat dilihat melalui 1)pernah tidaknya guru membaca materi yang berkaitan dengan aspek-aspek dan nilai-nilai pembangunan berkelanjutan dan 2)kepemilikan materi ESD. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Responde adalah guru sekolah dasar kelas rendah di lima kota. Pengumpulan data dilakukan dengan FGD dan pemberian kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 81.43 persen responden menyatakan bahwa aspek-aspek atau nilai-nilai ESD relevan diajarkan di Sekolah Dasar, terutama di kelas rendah. Hasil lainnya menunjukkan bahwa responden guru sudah siap untuk melakukan pembelajaran tentang aspek-aspek ESD...ifa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain