Artikel
Pendidikan nonformal dan pengurangan kemiskinan di pedesaan :
Pendidikan non formal melalui pendidikan ketrampilan telah menunjukkan kontribusi positif terhadap penurunan angka kemiskinan dalam pembangunan pedesaan. Penelitian ini dilaksanakan di Kulonprogo dan Gunung Kidul dengan pendekatan penelitian dan pengembangan yang diimplementasikan di kelompok peternakan kelinci di Gunungkidul dan di kelompok perawatan rambut di Kulonprogo. Hasilnya menunjukkan bahwa estimasi kebutuhan pendidikan ketrampilan di dua kelompok target yang dilaksanakan dengan menggunakan ide tentang life skill 4H menunjukkan kondisi yang tidak jauh berbeda, model life skill 4H dikembangkan dengan fokus pembelajaran berbasis pengalaman. Pengembangan model validasi memberikan hasil positif. Oleh karena itu dalam konteks penurunan angka kemiskinan dalam model PKH 4H harus dikembangkan secara lebih tersruktur dan integratif serta menjamin semua pendidikan ketrampilan berorientasi pada penanganan kemiskinan.ifa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain