Skripsi
Fa'aliyah namudzaj ta'lim al musyrif wa mubin al thalib litarqiyah maharah al kalam lithulab al fashl al hadi 'asyr bi al Madrasah al Tsanawiyah al Islamiyah Dar al Taqwa Purwosari Pasuruan/Ade Anggraeni; Sholehan
Ade Anggraeni. 2013. “Efektifitas Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XI di Madrasah Aliyah DARUT-TAQWA Purwosari-Pasuruan”.rnrnAdapun tema pada pembahasan ini adalah Efektifitas Model Pembelajaran “Student Facilitator and Explaining” untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XI di Madrasah Aliyah DARUT-TAQWA Purwosari-Pasuruan. Latar belakang penulisan ini adalah sedikitnya siswa yang kurang aktif dalam berbicara memakai Bahasa Arab dan guru pun sudah berusaha untuk melatihnya, biarpun karena latar belakang sekolah siswa berbeda dengan MA lain maka kemampuan yang dicapai pun maksimal. Oleh karena itu, penulis mencoba menerapkan Model Pembelajaran “Student Facilitator and Explaining” yaitu Model Pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Karena kalam atau berbicara tidak akan maksimal tanpa adanya kebiasaan.rnAdapun masalah yang diteliti dalam pembahasan ini adalah : 1. Bagaimana penerapan Model Pembelajaran “Student Facilitator and Explaining” untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XI di Madrasah Aliyah DARUT-TAQWA Purwosari-Pasuruan, 2. Bagaimana kemampuan berbicara siswa kelas XI di Madrasah Aliyah DARUT-TAQWA Purwosari-Pasuruan, 3. Bagaimana efektifitas Model Pembelajaran “Student Facilitator and Explaining” untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XI di Madrasah Aliyah DARUT-TAQWA Purwosari-Pasuruan.rnDalam menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan “t” tes dan prosentase. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, angket, dokumentasi, uji coba, tes dan analisis data. Karena jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu mencari pengaruh variable x terhadap variable y maka hasil yang didapat dari hasil uji t atau t_o maka hasilnya adalah 46,64 dan t table dengan taraf signifikasi 5% adalah 2,04 dan taraf signifikasi 1% adalah 2,76 maka dari sini menunjukkan bahwa t_o lebih besar daripada t table yaitu 2,042,76 dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat peningkatan kemampuan berbicara. Jadi, terdapat pengaruh Model Pembelajaran “Student Facilitator and Explaining” untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas XI di Madrasah Aliyah DARUT-TAQWA Purwosari-Pasuruan.rn
T-2013/PBA/032 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain