Skripsi
Fa'aliyah tathbiq al ta'lim al ta'awuni bi thariqah al mu'alimi al aqran fi tarqiyah fahm al qawa'id bi al Madrasah al 'Aliyah al Hukumitah/Moh. Nasrudin; M. Yunus Abu Bakar
EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIVE LEARNINGBERUPA TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN QAWAID PADA SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BANGIL”.rnPenelitianinididasarkanatasasumsibahwametodebelajar yang paling baik adalah mengajarkan kepada orang lain. MetodepembelajaranKooperatif Learning berupaTUTOR SEBAYAadalahsebuahpemanfaatansiswa yang mempunyai keistimewaan, kepandaian dan kecakapan di dalam kelas untuk membantu memberi penjelasan, bimbingan dan arahan kepada siswa yang kepandaiannya agak kurang atau lambatdalammenerimapelajaran yang usianyahampirsamaatausekelas.Merekadapatmembantusiswadalammengajarkanmaterikepadateman-temannya.Metodeinicocokuntukmengajarkanidentifikasidanmenentukankedudukansertajabatandarikalimat.rnTujuanPenelitianiniadalah: 1. Bagaimana penggunaan metode pembelajaranTUTOR SEBAYA 2. Bagaimana pemahaman qawaid dalam pembelajaran bahasa arab 3. Bagaimana efektivitas penggunaan metode pembelajaranTUTOR SEBAYAdalammeningkatkanpemahamanqawaid.rnPenelitianinimenggunakanmetodekuantitatifdenganmenggunakan “t-tes” daneksperimen. Adapunmetode yang digunakanuntukpengumpulan data adalahobservasi, wawancara, angket, tes,analisisdatadandokumentasi. Berdasarkan data-data yang diperoleh dalam penelitian penulis dapat menyimpulkan bahwa penerapan metode TUTOR SEBAYA bagi siswa kelas X di MANBangil cukup baik, hal ini dapat dilihat pada hasil nilai rata-rata kelas yang tidak menggunakan metode TUTOR SEBAYA (kelas control) 6 sedangkan hasil rata-rata kelas menggunakan Model pembelajaran tersebut (kelas eksperimen) adalah 8. Sedangkan untuk menganalisa teknik uji t (to) data yang dianalisa adalah data tingkat Efektivitas penerapan Metode TUTOR SEBAYA bagi siswa kelas X di MAN Bangil. Dari rata-rata tersebut, dapat diketahui to (t-hitung) sebesar 11,834. Sedangkan jika nilai to diinterpretasikan dalam tt (t-tabel) pada taraf 5% adalah 2,00 dan taraf 1% adalah 2,68 hasilnya jauh lebih besar dari to dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, itu berarti adanya Efektivitas dalam penerapan Metode TUTOR SEBAYA untuk meningkatkan pemahaman Qawaid bagi siswa kelas X di MAN Bangil.rn
T-2013/PBA/019 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain