Artikel
Peningkatan Kemampuan Menanggapi Disertai Alasan Terhadap Tayangan Sinetron Dengan Teknik Mediasi Aktif Positif Dan Negatif.
Tujuan Penelitian tindakan kelas ini adalah mendeskripsikan hasil dan langkah penerangan teknik mediasi aktif positif dan negative (salah satu teknik dalam parental mediation) untuk meningkatkan kemampuan menanggapi disertai alas an terhadap tayangan sinetron pada siswa kelas VI semester I SDN 13 Manggelewa Tahun Ajaran 2012-2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah teknik tes. Data Kuantitatif yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif yakni membuat daftar skor hasil tes memberikan tanggapan disertai alas an terhadap tayangan sinetron.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik mediasi aktif positif dan negative dapat meningkatkan keterampilan menanggapi disertai alas an siswa kelas VI SDN 13 Manggelewa Tahun Ajaran 2012-2013. Data tes pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 62,73 dan siklus II diperoleh 98,64. Hasil ini menunjukkan peningkatan dari siklus I sebesar 28,64. Data presentase ketuntasan kelas juga mengalami peningkatan. Pada siklus I 45,45%. Selanjutnya, pada siklus II persentase ketuntasan kelas meningkat 54,55% menjadi 100%.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain