Skripsi
Penerapan metode diskusi dalam pembelajaran fiqih pada siswa kelas VI di madrasah diniyah Miftahul Ulum Taman Sareh Sampang rnMadura
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode diskusi dalam pembelajaran fiqih pada siswa kelas VI di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Taman Sareh Sampang Madura, (2) Apa saja faktor-faktor pendukung dalam pelaksanaan metode diskusi dalam pembelajaran fiqih pada siswa kelas VI di rnMadrasah Diniyah Miftahul Ulum Taman Sareh Sampang Madura, (3) Apa faktor yang menghambat dalam penerapan metode diskusi dalam pembelajaran fiqih pada siswa kelas VI di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Taman Sareh Sampang Madura. Tujuan penelitian adalah: (1) Mengetahui bagaimana penerapan metode diskusi dalam pembelajaran fiqih pada siswa kelas VI di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Taman Sareh Sampang Madura, (2) Untuk mengetahui apa saja faktor-faktor pendukung pelaksanaan metode diskusi dalam pembelajaran fiqih pada siswa kelas VI di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Taman Sareh Sampang Madura, (3Untuk mengetahui apa saja faktor-faktor penghambat pelaksanaan metode diskusi dalam rnpembelajaran fiqih pada siswa kelas VI di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Taman Sareh Sampang Madura.Setelah penelitian ini dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Madrasah Diniyah Mifttahul Ulum telah menerapkan dan melaksanakan Metode Diskusi Pada Pembelajaran Fiqih dengan baik, serta sesuai dengan prinsip rndan langkah-langkah yang ada. Sedangkan faktor pendukung pelaksanaan Metode Diskusidalam pembelajaran Fiqih di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum ini diantaranya adalah, Kesesuaian karakter materi pembelajaran dengan metode, ketersedianya sarana dan prasarana, adanya dukungan dari kepala sekolah, faktor rnguru, guru juga merupakan poros utama berhasil atau tidaknya poses pembelajaran dalam kelas. Pembelajaran yang optimal tidak bisa dilepaskan dari peran seorang guru, Orang tua santri, Sarana prasarana yang memadai , Adanya minat dan motivasi belajar siswa.Meski demikian terdapat beberapa faktor penghambat pelaksanaan metode Diskusi dalam pembelajaran Fiqih di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum diantaranya adalah Masuknya Guru Tugas Setiap Tahunnya, Alokasi waktu yang kurang mencukupi, Pembentukan kelompok yang hanya di lakukan dengan membagi rnsesuai urutan absen, Skill berbicara yang kurang merata pada siswa, Kurang memadainya media pendidikan.
T-2013/PAI/107 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain