Skripsi
Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Crossword Puzzle Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V MINU Plus Islamiyah Banjarsari Buduran Sidoarjo
Latar belakang penelitian ini adalah siswa kurang antusias dalam pembelajaran SKI disebabkan metode yang digunakan kurang menarik perhatian siswa sehingga prestasi belajar siswa cenderung rendah. Untuk meningkatkan prestasi belajar tersebut peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle yang dilakukan dengan dua siklus.rnAdapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan Strategi Pembelajaran aktif tipe crossword puzzle pada pelajaran sejarah kebudayaan islam di kelas V MINU Plus islamiyah. (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa kelas V MINU Plus Islamiyah setelah menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Crossword Puzzle.rnAdapun tujuan penelitian adalah sebagai berikut : (1). Untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle pada pelajaran sejarah kebudayaan islam. (2) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas V pelajaran Sejarah kebudayaan islam.rnUntuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode Kualitatif menghasilkan data berupa deskripsi hasil pengamatan dan wawancara sedangkan metode kuantitatif menghasilkan data berupa nilai rata-rata dan prosentase ketuntasan belajar. Model PTK yang digunakan yaitu model Kurt Lewin. Dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pre tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. rnHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle berjalan dengan baik pada siklus I dan II sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah dibuat. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yaitu dari siklus I dan siklus II adalah 80% dan 91,6%. (2) Pembelajaran SKI dengan strategi Pembelajaran Aktif Tipe Crossword Puzzle dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa yaitu dari rata-rata nilai pada siklus I yaitu 67,64 dengan ketuntasan 58,82% menjadi rata-rata nilai 73,52 pada siklus II dengan ketuntasan 94,11%. Hasil observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran pun mengalami peningkatan dari 80% pada siklus I menjadi 91,6% pada siklus II. rn
T-2013/PGMI/032 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain