Skripsi
Peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia materi menulis puisi bebas melalui strategi pembelajaran kontektual pada siswa kelas V MI Jabung Panekan Magetan
Peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia materi menulis puisi bebas melalui strategi pembelajaran kontektual pada siswa kelas V MI Jabung Panekan Magetan. Kegiatan menulis mempunyai peranan penting bagi siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir dan mendalami bahan ajar. Oleh karena itu, sudah selayaknya apabila menulis menjadi aktivitas penting dalam setiap pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi hasil pembelajaran menulis puisi bebas di kelas V MI Jabung Panekan Magetan, hasilnya belum sesuai dengan standar kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan pihak Madrasah. Hal ini disebabkan karena siswa masih kesulitan dalam menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat. Siswa masih sangat sulit mengungkapkan gagasan, sesuatu yang sangat prinsipil dalam pembelajaran menulis puisi..rn Pengajaran sastra khususnya menulis puisi harus membuat siswa mampu menemukan hubungan antara pengalamannya dengan karya sastra yang bersangkutan. Pembelajaran kontekstual merupakan model pembelajaran yang mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata yang berkembang dan terjadi di lingkungan sekitar peserta didik. Agar mereka mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi hasil belajar dengan kehidupan sehari-hari mereka. Sehingga prestasi belajar bahasa Indonesia materi menulis puisi bebas yang merupakan hasil dari pengukuran terhadap peserta didik yang meliputi faktor kognitif, afektif, dan psikomotor setelah mengikuti proses pembelajaran yang diukur dengan menggunakan instrumen tes evaluasi belajar yang relevan dapat tercapai.rn Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) model Stephen Kemmis dan Robhin Mc Taggart. Berlangsung sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V MI Jabung kecamatan Panekan Kabupaten Magetan. Data yang diperoleh berupa hasil tes evaluasi belajar dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (64%), siklus II (95%).rn Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kontekstual dengan media lingkungan sekitar Madrasah dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia materi menulis puisi bebas siswa kelas V MI Jabung kecamatan Panekan Kabupaten Magetan.rn
T-2013/PGMI/049 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain