Skripsi
Penerapan metode Buzz Group dalam upaya meningkatkan hasil rnbelajar pada materi fiqih kelas VIII di MTs Ihyaul Ulum Suci Sugio Lamongan
Kemajuan ilmu dan teknologi yang makin canggih dewasa ini telah rnmenimbulkan berbagai macam perubahan dalam kehidupan manusia, termasuk perubahan dalam menyikapi sebuah problem yangh ada disekitar yang berhubungan dengan keadaan disekitar kita. Khususnya dalam menentukan sebuah hukum yang menyangkut dalam kehidupan sehari-hari terutama Hukum Islam tentang makanan rndan minuman. Oleh karena itu, pelajaran fiqih sangat diperlukan agar semua orang dapat menjalankan syari’at Islam sesuai dengan yang diperintahkan oleh Agama Islam, jadi untuk materi fiqih memerlukan metode yang berfariasi agar pembelajaran tidak monoton hanya dengan metode cerama saja. rnDengan adanya kejadian dan kenyataan yang ada dalam penulisan skripsi ini, akan dibahas tentang: Apakah penerapan Metode Buzz group ada hubungannya dengan hasil belajar di MTs Ihyaul Ulum Suci. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk meneliti ada tidaknya pengaruh penerapan metode buzz group dalam meningkatkan hasil belajar pada materi fiqih di MTs Ihyaul Ulum Suci. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah untuk Sekolah atau Madrasah, meskipun dalam kadar minimal diharapkan skripsi ini dapat menunjang kemajuan sekolah dalam pembelajaran. rnPopulasi dan sampel diambil menggunakan teknik “Random sampling”. Yang mana populasinya adalah siswa MTs Ihyaul Ulum Suci, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah siswa MTs Ihyaul Ulum Suci kelas VIII yakni sejumlah 35 siswa. rnTeknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi rn(pengamatan), interview (wawancara), test dan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan ada di lapangan atau meninggalkan lapangan. Sedangkan data yang bersifat kuantitatif ini dianalisis menggunakan tekni uji t, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dari hasil uji hipotesis dapat dinyatakan bahwa peranan metode Buzz group ada hubungannya dengan hasil belajar materi Fiqih dan dari perhitungan mengenai bentuk antara metode buzz group dan hasil belajar dapat dinyatakan bahwa peranan metode buzz group dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada materi fiqih dapat dinyatakan cukup atau sedang. rn
T-2013/PAI/191 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain