Skripsi
Analisis pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam kelas akselerasi di SMA Negeri 1 Sidoarjo
Penyusunan kurikulum yang kurang optimal, akan mengakibatkan kurang optimalnya pula hasil yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam kelas Akselerasi di SMA Negeri 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sedangkan pendekatannya memakai diskriptif-analisis dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, pertama, perencanaan rnkurikulum pendidikan agama Islam kelas akselerasi di SMA Negeri 1 Sidoarjo disusun dimulai dari perangkat-perangkat pembelajaran seperti kalender pendidikan, progran tahunan, program semester, analisis SK dan KD, silabus, dan RPP. Penyusunan kurikulum tersebut disesuaikan dengan jarak tempuh waktu pada kelas akselerasi yaitu hanya dua tahun atau enam semester, dengan rincian satu semester sama dengan empat bulan. Kedua, Pelaksanaan kurikulum mata pelajaran pendidikan Agama Islam kelas akselerasi di SMA Negeri 1 Sidoarjo sudah baik berdasarkan hasil penelitian dan hasil observasi. Pelaksanaan kurikulum kelas akselerasi sudah rnsesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya. Ketiga, pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam kelas akselerasi di SMA Negeri 1 Sidoarjo yaitu berdesain subject design centered. Desain ini merupakan desain pengembangan kurikulum yang berpusat pada bahan ajar. Kurikulum pendidikan agama Islam kelas akselerasi ini dikembangkan dengan model grass roots atau bottom up yaitu pengembangan kurikulum yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam hal ini guru mata pelajaran pendidikan agama Islam
T-2013/PAI/197 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain