Skripsi
Implementasi kurikulum diferensiasi sebagai upaya pengembangan program akselerasi di MAN I Model Bojonegoro
Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia pada saat ini masih berorientasi pada rnkuantitas untuk melayani sebanyak-banyaknya peserta didik saja. Penyelenggara pendidikan yang benar harus memperhatikan perbedaan kecerdasan dan kecakapan hidup peseta didik. Untuk itu, kebutuhan akan kelas akselerasi di indonesia semakin tinggi dan harus menjadi kesadaran pihak sekolah. rnPengembangan program akselerasi tidak bisa terlepas tanpa adanya kurikulum khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dari siswa akselerasi itu sendiri. Maka dari itu, MAN I Model Bojonegoro menyusun dan menerapkan kurikulum diferensiasi untuk kelas akselerasi. rnBagaimanakah program akselerasi di MAN I Model Bojonegoro? rnBagaimanakah implementasi kurikulum diferensiasi sebagai upaya pengembangan rnprogram akselerasi di MAN I Model Bojonegoro? Apa sajakah faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kurikulum diferensiasi sebagai upaya rnpengembangan program akselerasi di MAN I Model Bojonegoro?. Penelitian ini rnbertujuan untuk mengetahui bagaimana program akselerasi di MAN I Model rnBojonegoro. Untuk mengetahui bagaimanakah implementasi kurikulum diferensiasi rnsebagai upaya pengembangan program akselerasi di MAN I Model Bojonegoro. rnUntuk mengetahui apa sajakah faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kurikulum diferensiasi sebagai upaya pengembangan program rnakselerasi di MAN I Model Bojonegoro. rnPenelitian ini pada dasarnya bersifat deskriptif kualitatif. Metode rnpengumpulan data yang digunakan yakni metode observasi, interview, angket, dan dokumentasi. Adapun hasil yang didapat oleh peneliti adalah Program akselerasi mulai dibuka di MAN I Model Bojonegoro pada tahun 2010. Untuk mengelola program akselerasi ada tim pengembang sendiri yang dalam pengelolaannya berdasarkan pada 8 SNP. Program akselerasi di MAN I Model Bojonegoro dibuka untuk jurusan IPA dan dalam pembelajarannya menggunakan kurikulum diferensiasi. Implementasi Kurikulum Diferensiasi Sebagai Upaya Pengembangan Program akselerasi tidak bisa terlepas dari modifikasi kurikulum. Di MAN I Model Bojonegoro telah ada tim pengembang kurikulum untuk program akselerasi yang bertugas untuk memodifikasi kurikulum nasional untuk disesuaikan sesuai dengan karakter siswa akselerasi.rn
T-2013/KI/049 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain