Skripsi
Analisis representasi visual dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan kemampuann awal siswa
emecahan masalah merupakan fokus utama dalam pembelajaran matematika. rnKemampuan pemecahan masalah matematika siswa sangat berhubungan dengan rnkemampuan representasi matematis siswa. Konstruksi representasi matematis yang rntepat akan memudahkan siswa dalam melakukan pemecahan masalah. Bentuk rnoperasional dari representasi matematis adalah representasi visual (berupa diagram, rngrafik, tabel, atau gambar), persamaan atau ekspresi matematik, dan kata-kata atau rnteks tertulis. Imagery merupakan salah satu bentuk dari representasi visual yang rnberpotensi untuk memfasilitasi prestasi belajar matematika karena imagery dapat rnmembantu peserta didik untuk mengingat dan memahami suatu masalah. Penelitian rnini mencoba menganalisis representasi visual siswa pemecahan masalah matematika. rnDalam penelitian ini akan dibahas dua tipe imagery yaitu pictorial-imagery & rnschematic-imagery dan visualisasi representasi dalam bentuk selain gambar (non-rnimagery). rnPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data kualitatif, subjek rnpenelitian adalah siswa kelas VII MTs. Saiful Ulum yang terdiri dari 6 subjek. rnPengambilan data dilakukan dengan 2 instrumen penelitian yaitu soal tes pemecahan rnmasalah dan pedoman wawancara. Tes pemecahan masalah digunakan untuk rnpengelompokan siswa dalam dua kelompok yaitu kelompok imagery dan kelompok rnnon-imagery. Sedangkan wawancara dilakukan terhadap 6 subjek penelitian yang rnterpilih dari kelompok siswa berdasarkan nilai rapot tertinggi mata pelajaran rnmatematika. rnBerdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa representasi visual dari 6 rnsubjek penelitian dalam memecahan masalah matematika adalah 4 subjek dengan rnmenggunakan schematic-imagery, 1 subjek menggunakan pictorial-imagery, dan 1 rnsubjek tidak menggunakan imagery (non-imagery) dalam memecahkan masalah. rnPenggunaan imagery dalam pemecahan masalah terbukti dapat memfasilitasi siswa rndalam proses pemecahan masalah matematika. Gambar yang diproduksi siswa rnmenjadi alat pemecah yang memudahkan siswa untuk menemukan solusi dari rnmasalah.
T-2013/PMT/048 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain