Skripsi
Peningkatan kemampuan siswa dalam mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui media asli di SD Islam Darul Fikri kelas II kecamatan Wonoayu Sidoarjo
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat kemampuan siswa dalam mengingat (C1) dan memahami (C2) materi bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah. Hal ini ditandai dengan rendahnya nilai siswa dalam ulangan harian dan ketidakmampuan siswa ketika diajak tanya jawab. Faktor penyebabnya diasumsikan bahwa siswa belum mampu berpikir abstrak dan kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan alat/bahan yang dapat membantu siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, diambil tindakan untuk dapat meningkatkan kemampuan siswa yaitu dengan menggunakan media asli. rnRumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana hasil belajar siswa dalam mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah di SDI Darul Fikri kelas 2, Wonoayu-Sidoarjo, sebelum diberi tindakan (2) Bagaimana penerapan media asli untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui media asli di SDI Darul Fikri kelas 2, Wonoayu-Sidoarjo dalam pembelajaran IPA (3) Bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui media asli di SDI Darul Fikri kelas 2, Wonoayu-Sidoarjo.rnMetode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin dengan langkah-langkah (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDI Darul Fikri Wonoayu-Sidoarjo yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, butir soal, pedoman wawancara, dan lembar dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.rnHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah di SDI Darul Fikri Wonoayu-Sidoarjo masih rendah pada saat sebelum diberi tindakan. (2) Penerapan media asli untuk meningkatkan kemampuan siswa pada materi tersebut berjalan dengan baik. (3) Terjadi peningkatan dari setiap siklusnya. Hal ini terlihat pada hasil belajar pada siklus I rata – rata kelasnya 68,81 (baik) dan ketuntasan belajar mencapai 47,62% (sedang). Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata – rata kelas 75,48 (baik) dan ketuntasan belajar mencapai 80,95% (tinggi).rn
T-2013/PGMI/086 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain