Skripsi
Fa'aliyah tathbiq thariqah al ta'bir al muwaqi' (Trans Sector) li tarqiyah maharah al kitabah fi ta'lim al luqhah al arabiyah fi al fashl al 'asyir bi al madrasah al tsanawiyah al Islamiyah Mu'allimat Cukir Jombang
Terpilihnya judul ini didasarkan atas asumsi bahwa metode Trans Sector rnbertujuan agar siswa dapat mendeskripsikan dan membuat suatu laporan atau rnkarangan tentang suatu objek di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan rnsekolah. Metode ini sangat cocok diterapkan pada maharah kitabah (khususnya rndalam membuat kalimat dan paragraf) karena siswa melakukan pengamatan rnlangsung di lapangan untuk melihat kondisi fisik objek yang diamati sehingga rnmemudahkan mereka untuk menuangkan idenya dalam suatu tulisan. rnAdapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana rnpenerapan metode Trans Sector 2. Bagaimana maharah kitabah siswa dalam rnpembelajaran bahasa arab 3. Bagaimana efektivitas penerapan metode Trans rnSector dalam meningkatkan maharah kitabah. rnDalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode rnkuantitatif dengan menggunakan “t-tes” dan prosentase. Adapun metode yang rndigunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan analisis data. Dari hasil tes yang diuji dengan perhitungan statistik diperoleh data mean post tes = 8 , standar deviasi post tes = 0,816, dan nilai T hitung = 2,865 . rnDari hasil tersebut di simpulkan bahwa T hitung lebih besar dari T tabel ( rn2,792,06 ), maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat peningkatan kemampuan menulis. Jadi, terdapat pengaruh penerapan metode Trans Sector untuk kemampuan menulis pelajaran bahasa arab pada siswa kelas X di Madrasah Muallimat Cukir-Jombang. rn
T-2013/PBA/050 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain