Skripsi
Peningkatan motivasi belajar matematika pada bilangan pecahan sederhana dengan media benda kongkret di kelas III MI Thoriqul Huda Ngronggot Nganjuk
Dalam pembelajaran dikelas guru lebih dominan menjadi subyek dan sentral dalam proses pembelajaran yang masih sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab tanpa mencari alternatif untuk memunculkan minat dan motivasi mereka untuk lebih aktif dalam proses belajar, sehingga siswa lebih cenderung pasif padahal idealnya peserta didik yang harus menjadi subyek dalam pembelajaran dimana mereka harus aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan motivasi belajar matematika dalam memahami bilangan pecahan sederhana dengan media benda kongkret, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.rnPenelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom Action Research) yang dilakukan sebanyak dua siklus atau dua putaran.rnAdapun setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Intrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket,panduan wawancara dan soal tes. Dari hasil analisis didapatkan bahwa ketuntasan belajar matematika pada bilangan pecahan sederhana dengan media benda kongkret meningkat dari pratindakan, siklus 1 dan siklus II yaitu, Dari hasil tes tersebut memperlihatkan bahwa pada pratindakan ketuntasan belajar 42,3%, pada siklus 1 ada peningkatan menjadi 61,5% sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 88,46%.rnSedangkan untuk penerapan metode pembelajaran dengan media benda kongkret termasuk katagori baik untuk peningkatan motivasi belajar matematika pada bilangan pecahan sederhana.rn
T-2013/PGMI/067 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain