Skripsi
Penggunaan strategi jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) pada siswa kelas IV MI Thoriqul Huda Ngronggot Nganjuk
enelitian yang dilakukan dalam mengkaji Peningkatan Hasil Belajar IPA rnmateri energi panas dan energi bunyi Melalui strategi jigsaw siswa kelas IV MI Thoriqul Huda Ngronggot Nganjuk. Sebelum penerapan strategi jigsaw ini, pada saat pembelajaran biasanya siswa menerima materi dalam bentuk ceramah dan kerja kelompok yang tidak membuat semua anggota kelompok berperan aktif terlibat dalam kerja kelompok tersebut. Sehingga, penelititi menerapkan strategi jigsaw dimana semua siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan strategi jigsaw pada materi energi panas dan energi bunyi kelas IV MI Thoriqul Huda Ngronggot Nganjuk, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi jigsaw pada materi energi panas dan energi bunyi kelas IV MI Thoriqul Huda Ngronggot Nganjuk, dan untuk faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam peningkatan hasil belajar materi energi panas dan rnenergi bunyi kelas IV MI Thoriqul Huda Ngronggot Nganjuk? rnPenelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang rndilakukan dengan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan rumus persentase dan mean agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian. rnDari hasil analisis yang diperoleh bahwa pada saat pre tes diperoleh prosentase ketuntasan hasil belajar siswa yang telah mencapai nilai KKM ( 70) sebesar 16,67% dengan nilai rata-rata sebesar 58,56 dan pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 27,78% dengan nilai rata-rata 66,00 kemudian pada siklus II juga mengalami peningkatan hasil belajar siswa yang telah mencapai nilai KKM ( 70) sebesar 88,89% dengan nilai rata-rata 77,16. rnBerdasarkan temuan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa strategi rnjigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi panas dan energi bunyi kelas IV MI Thoriqul Huda Ngronggot Nganjuk. Oleh karena itu, dengan adanya strategi jigsaw ini diharapkan dapat membantu guru dalam kegiatan belajar mengajar siswa, agar kegiatan belajar tidak membosankan melainkan rnmenyenangkan dan siswa lebih mengembangkan ilmu pengetahuannya. Karena tidak rnsemua siswa bisa menyerap ilmu hanya dengan metode ceramah dari guru saja, rn rnmengingat siswa adalah subjek dari proses pembelajaran di kelas.
T-2013/PGMI/069 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain