Skripsi
Peningkatan keterampilan menulis laporan mata pelajaran bahasa Indonesi melalui metode learning journals (jurnal belajar ) pada siswa kelas V MI Liwa’ul Islam Mantup Lamongan
Latar belakang penelitian ini adalah siswa kurang memiliki kemampuan dalam menulis laporan disebabkan metode dan teknik pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran kurang tepat atau tidak menarik perhatian siswa sehingga hasil belajar siswa untuk topik bahasan ini sangat rendah. Dari 14 siswa, hanya 7 siswa (50%) yang berhasil mencapai KKM 70 sedangkan 7 siswa (50%) masih belum tuntas. Untuk meningkatkan kemampuan siswa tersebut, peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui metode pembelajaran Learning Journals (Jurnal Belajar) yang dilakukan dengan dua siklus.rnAdapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran Learning Journals dalam pembelajaran menulis laporan pada siswa kelas V MI Liwa’ul Islam Mantup Lamongan. (2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis laporan siswa kelas V MI Liwa’ul Islam Mantup Lamongan setelah menggunakan metode pembelajaran Learning Journals.rnUntuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model PTK yang digunakan yaitu model Kurt Lewin. Dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kualitatif di analisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan rumus nilai rata-rata dan prosentase ketuntasan belajar.rnHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran keterampilan menulis laporan dengan metode Learning Jounals (Jurnal Belajar) berjalan dengan baik pada siklus I dan II sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah dibuat. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yaitu dari siklus I dan siklus II adalah 78,1% dan 89,4%. (2) Pembelajaran dengan metode Learning Journals (Jurnal Belajar) dapat meningkatkan keterampilan menulis laporan siswa yaitu dari rata-rata nilai pada siklus I yaitu 74,07 dengan ketuntasan 64% menjadi rata-rata nilai 81,9 pada siklus II dengan ketuntasan 85,7%. Hasil observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran pun mengalami peningkatan dari 80,68% pada siklus I menjadi 88,75% pada siklus II. rn
T-2013/PGMI/057 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain