Skripsi
Studi tentang prilaku dan prestasi belajar pendidikan agama Islam pada siswa Autis di SMP Negeri 5 Surabaya
Autis adalah suatu sindroma gangguan perkembangan anak yang sangat rnkompleks dan berat dengan penyebab yang sangat berfariasi serta gejala klinik yang biasanya muncul pada tiga tahun pertama dari kehidupan anak tersebut. rnAutism merupakan suatu penyakit yang berkaitan dengan gangguan pertumbuhan otak (neuro developmental disorder), bermanifestasi pada gangguan prilaku termasuk gangguan konsentrasi, komunikasi dan interaksi sosial serta gangguan terhadap stabilisasi sampai kehilangan interes. Hal ini mengakibatkan problem kesehatan komunitas karena dalam perjalanan hidupnya membutuhkan bantuan masyarakat. rnDalam mendidik anak autism memerlukan suatu pendekatan yang khusus rnsehingga mereka mendapatkan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan rnkebutuhannya. Pendidikan inklusif adalah metode kunci untuk menangani anak-anak tersebut. Prinsip dasar pendidikan inklusif adalah bahwa semua anak harus memperoleh kesempatan untuk bersama-sama belajar. rnUntuk memperoleh data yang representatif dalam pembahasan skripsi ini, digunakan metode penelitian kualitatif dengan cara mengumpulkan berupa pendapat, tanggapan, informasi, konsep-konsep dan keterangan yang berbentuk uraian dalam mengungkapkan masalah penelitian. Kemudian diolah sesuai dengan kemampuan penulis yang menghasilkan penelitian data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau rnlisan tentang orang-orang, perilaku yang dapat diamati sehingga menemukan rnkebenaran yang dapat diterima oleh akal sehat manusia. rnUrgensi pendidikan inklusi merupakan kunci dalam dunia pendidikan untuk rnmendidik siswa berkebutuhan khusus dalam hal ini yaitu siswa autis karena siswa rnautis pun membutuhkan pendidikan seperti halnya siswa normal. Pendidikan inklusi rndiharapkan bisa mewujudkan kualitas anak bangsa yang lebik baik maka perlu rndididiknya siswa autis guna untuk memperoleh kesempatan belajar anak-anak rnseusianya. rnPendidikan agama Islam bagi siswa autis ini juga tidak kalah pentingnya rndengan pendidikan umum dimana pendidikan agama Islam bertujuan anak didik rndapat memahami ajaran Islam secara elementer (sederhana) dan bersifat menyeluruh, sehingga dapat dijadikan pedoman hidup dan amalan perbuatannya serta membentuk pribadi yang berakhlak mulia.
T-2013/PAI/052 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain