Skripsi
Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya
Skripsi dengan judul: “Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-rnPair-Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran rnPendidikan Agama Islam Kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya” ini rnmenjawab pertanyaan: (1) Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya, (2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya, (3) bagaimana efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. rn Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode eksperimen One Group Pretest-Posttest Design, dengan memberikan tes sebelum memberikan perlakuan (Pretest), memberikan perlakuan (menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share) dan tes sesudah memberikan perlakuan (Posttest). rnPenerapan Pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya sudah dilaksanakan dengan baik. Hal ini terbukti dengan hasil analisis data observasi yang menyatakan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran ini “sangat baik”. rnDari hasil pretest hanya tujuh siswa yang mendapat nilai 7 dan lima siswa rnmendapat nilai 6, selebihnya mendapat nilai dibawah 6. Akan tetapi setelah dilakukan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share maka hasil belajar siswa meningkat pada posttest. Hasil posttest menunjukkan bahwa enam siswa mendapat nilai 10, sembilan belas siswa mendapat nilai 9, lima siswa mendapat nilai 8 dan dua siswa mendapat nilai 7. rnPelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share terhadap hasil rnbelajar siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya terbukti efektif. Hal ini berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan rumus uji t yang menghasilkan sebesar 19,18. Dan apabila dikonsultasikan dengan pada taraf signifikasi 1% = 2,04 atau 5% = 2,75. Berarti > , maka rnkonsekuensinya Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak. rnJadi kesimpulannya adalah “Adanya efektivitas antara pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama yang signifikan”. rn
T-2013/PAI/057 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain