Skripsi
Meningkatkan minat belajar PKn pokok bahasan penerapan nilai-nilai pancasila di MI Miftahul Ulum Betiting Cerme Gresik
Media pengajaran merupakan alat yang digunakan guru ketikarnmengajar untuk membantu memperjelas materi pelajaran yang disampaikan kepada siswa, dan mencegah terjadinya verbalismernpada siswa. Pengajaran yang banyak menggunakan verbalismern, tentu akan membosankan, sebaliknya pengajaran akan lebih menarik bila siswa gembira dalam belajar atau senang karena merasa tertarik dan mengerti pelajaran yang diterimanya. Denganrndemikian kegiatan belajar akan lebih efektif.rnTujuan penelitian tindakan ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan : (1) Penggunaan Media pengajaran dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan minat belajar siswa Kelas VI MI.Miftahul Ulum Betiting Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik dan (2) Dampak Penggunaan Media pengajaran dalam Kegiatan Belajar Mengajar pada Siswa Kelas VI MI.Miftahul Ulum Betiting Kecamrnatan Cerme Kabupaten Gresik. rnRancangan dalam penelitian ini ada lah rancangan penelitian tindakan.rnPenelitian tindakan merupakan merupakan interve nsi skala kecil terhadap tindakan dunia nyata dan pemeriksaan cermat terhadap penga ruh intervensi tersebut (Cohen dan Mantion, 1980) yang dikutip oleh Zuriah, (2003) rancangan dalam penelitian ini dirernncanakan melalui beberapa tahap perencanaan, diantaranya : (1) refle ksi awal, (2) peneliti merumuskan permasalahan secara operasional, (3) peneliti merumuskan hipotesis tindakan danrn(4) menetapkan dan merumuskan rancanga n tindakan. Rancangan penelitian tindakan ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru-guru Kelas VI MI.Miftahul Ulum BetitingrnKecamatan Cerme Kabupaten Gresik.rnHasil penelitian adalah bahwa dengan menggunakan media bermediarnpengajaran dalam kegia tan belajar mengajar, menunjukkan bahwa aktivitas, motivasi, dan prestasi belajar siswa Kelas VI MI.Miftahul Ulum Betiting Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik menrngalami peningkatan. Sehingga dapat ditegaskan bahwa dengan penggunaan media pengajaran dalam kegiatan belajar mengajar memiliki dampak posi tif terhadap belajar siswa, sebab umumnya siswa Kelas VI Sekolah Dasar lebih senang melihat media pengajaran dari pada memperhatikan tulisan yang belum dimernngerti dan dipahami. Pada akhirnya media bermedia pengajaranrnmerupakan solusi terbaik bagi siswa Kelas VI dalam mencapai tujuan belajar
T-2014/PGMI/167 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain