Skripsi
Pengembangan Kognitif Jean Piaget untuk meningkatkan kemampuan belajar anak diskalkulia : Studi kasus pada siswa X di MI Pangeran Diponegoro Surabaya
Teori perkembangan kognitif Jean Piaget adalah salah satu teori yang menjelasakan bagaimana anak beradaptasi dengan lingkungan dan menginterpretasikan objek dan kejadian-kejadian sekitarnya. Piaget mempelajari mengapa dan bagaimana kemampuan mental berubah lama-kelamaan. Bagi Piaget, perkembangan bergantung sebagian besar pada manipulasi anak terhadap interaksi aktifnya dengan lingkungan. Dalam pandangan Piaget, pengetahuan berasal dari tindakan. Teori perkembangan kognisi Piaget menyatakan bahwa rnkecerdasan atau kemampuan kognisi anak mengalami kemajuan melalui empat tahap yang jelas. Masing-masing tahap dicirikan oleh munculnya kemampuan dan cara mengolah informasi baru. Teori ini diterapkan kepada seorang siswa X yang mengalami diskalkulia, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa tersebut. rnDiskalkulia adalah kesulitan belajar yang menyebabkan anak menjadi tidak bisa berhitung. Mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika. rnDiskalkulia terjadi ketika anak tidak mampu memahami konsep-konsep hitung atau mengenali simbol-simbol aritmatika (tambah, kurang, bagi, kali, akar). rnRumusan masalah dalam penelitian ini adalah IV yang mengalami diskalkulia dalam menjalani proses belajar matematika di MI rnPangeran Diponegoro Surabaya ? Bagaimana bentuk penerapan teori diskalkulia di MI Pangeran Diponegoro Surabaya ? Bagaimana hasil akhir dari penerapan mengalami diskalkulia di MI Pangeran Diponegoro Surabaya ? rnDalam Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan Diskriptif rnKualitatif Partisipatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan latar alamiah dengan maksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik (utuh), dengan mendeskripsikan data dalam bentuk kata-kata dan bahasa, dan dengan memanfaatkan berbagai metode rnalamiah. Kualitatif partisipatif dipilih dengan alasan karena peneliti terlibat langsung dalam lapangan penelitiannya. rn rnpembelajarannya yaitu siswa tersebut mengalami beberapa masalah belajar, salah satunya adalah diskalkulia. Dengan penerapan teori pengembangan kognitif Jean adanya peningkatan dalam kemampuan belajar yang dimiliki.
T-2014/KI/039 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain