Skripsi
Studi korelasi antara kegiatan tadarus awal pelajaran dengan minat belajar membaca al-Quran siswa di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya
Penulis Mengambil Judul Studi Korelasi antara Kegiatan Tadarus Awal Pelajaran dengan Minat Belajar Membaca Al-Quran Siswa di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Latar Belakang Penelitian ini adalah bahwasannya Melihat keadaan remaja zaman sekarang, degradasi kemampuan membaca Al-Quran pada usia SMA sudah mulai meningkat dan menunjukkan angka yang besar. Jika siswa tidak memiliki kecakapan dalam membaca Al-Quran, maka mereka tidak akan dapat menjadi muslim yang baik yang bisa mengamalkan Al-Quran sebagaimana keistimewaan yang dijanjikan oleh Allah bagi pembacanya, dan pengetahuan tentang agamapun sangat berkurang. Dalam Upaya mengatasi permasalahan tersebut,berbagai progam belajar membaca Al-Quran telah diterapkan oleh SMA Muhammadiyah 3 Surabaya, diantaranya Kegiatan Tadarus Awal Pelajaran. Sehingga rata-rata lulusan SMA Muhammadiyah 3 Surabaya memiliki kompetensi dalam membaca Al-Quran.. Dari sinilah penulis tertarik untuk mencoba mengetahui seberapa besar hubungan kegiatan tadarus awal pelajaran dengan minat belajar membaca Al-Quran Siswa di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya.rnAdapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan kegiatan tadarus awal pelajaran di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. (2) Bagaimana minat belajar membaca Al-Quran siswa di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. (3) Sejauhmana hubungan antara kegiatan tadarus awal pelajaran dengan minat belajar membaca Al-Quran siswa di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya.rnUntuk memperoleh hasil penelitian tersebut peneliti melakukan penelitian kuantitatif. Adapun tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, Observasi, Wawancara/Interview, dan Angket. Adapun data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan dianalisis dengan menggunakan rumus product moment.rnBerdasarkan permasalahan diatas dan setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa : (1) Pelaksanaan kegiatan tadarus awal pelajaran siswa di SMA Muhammadiyah 3 cukup baik, terbukti dari hasil prosentasenya 55%, (2) Minat belajar membaca Al-Quran Siswa SMA Muhammadiyah 3 cukup tinggi dengan prosentase 62,5%. (3) Terdapat korelasi yang sedang antara kegiatan tadarus awal pelajaran dengan minat belajar membaca Al-Quran Siswa SMA Muhammadiyah 3 Surabaya, terbukti dari nilai r hitung “0,587” lebih besar dari r tabel, dan jika dilihat di dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai “r”. dan dapat disimpulkan bahwa bahwa nilai r hitung berada diantara 0,40 – 0,70.rn
T-2014/PAI/140 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain