Skripsi
Nilai-nilai pendidikan Islam dalam kesenian Wayang Kulit pada lakon Petruk dadi ratu""
Adi Sora Widiarto (Nim: D01210016), Mahasiswa Fakultas UIN Sunan Ampel Surabaya, judul sekripsi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam kesenian Wayang dalam Lakon Petruk Dadi Ratu.rnRumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah yang dimaksud nilai-nilai pendidikan islam (2) Nilai-nilai luhur apa sajakah yang terkandung dalam kisah Petruk Dadi Ratu?, dan (3) Apakah nilai-nilai pendidikan islam yang terkandung dalam kisah Petruk Dadi Ratu.rnPenelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui definisi nilai-nilai pendidikan islam, (2) Mengetahui Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam cerita Petruk Dadi Ratu, dan (3) Menggali nilai-nilai pendidikan islam yang terkandung dalam kisah Petruk Dadi Ratu.rnPenelitian ini adalah jenis library research dan secara metodologis merupakan penelitian deskriptif, adapun pendekatan yang digunakan adalah analisis historis. Untuk pengolahan dan analisis data, penulis menggunakan metode content analisis dan metode hermeneutik.rnSejarah mencatat betapa Islam – khususnya di Jawa - mempunyai hubungan yang intens dengan dunia wayang. Wayang telah menunjukkan keampuhannya sebagai salah satu media dakwah Islam Jawa oleh para Waliyullah, terlebih oleh sunan Kalijaga. Terbukti dalam perkembangannya, wayang (sebagai mediator) berhasil meng-Islam-kan mayoritas penduduk Jawa.rnOleh karenanya, keampuhan wayang melalui salah satu kisah karangan sunan Kalijaga (Petruk Dadi Ratu) akan diuji lagi dalam usaha menemukan nilai-nilai pendidikan islam yang terkandung didalamya.rnBerdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan kontemplasi bagi umat Islam tanpa dissidensi usia, profesi, jabatan, kedudukan, dan status sosial khususnya bagi para pemimpin-pemimpin yang mempunyai kewajiban untuk bersikap bijaksana, dan memikirkan kepentingan bersama. Terlebih bagi seluruh civitas akademika di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya yang juga merupakan calon pemimpin bagi kehidupannya masing-masing.rnrn
T-2014/PAI/121 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain