Artikel
Constructing Islamic philosopy of education : Hizbut Tahrir's Perspective
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memberikan gambaran tentang ide filsafat pendidikan Islam yang terkonstruksi dalam buku-buku Hizbut Tahrir, sebuah gerakan Islam trans-nasional yang didirikan oleh seorang ulama al-Azhar, Taqiyyuddin an-Nabhani, pada tahun 1953 di al-Quds Palestina, dan saat ini bekerja di lebih dari 40 negara, termasuk Indonesia. Dari beberapa di antara buku-buku tersebut, yaitu al-Tafkiir, Nidzaam al-Islam, al-Syakhshiyyat al-Islaamiyyat juz 1, al-Fikr al-Islaamy, Mafaahim Hizb al-Tahriir, Usus al-Ta’liim al-Manhajiy fii Dawlat al-Khilaafat, penulis mengambil data. Penulis juga menjadikan buku Mafaahim al-Islaamiyyat, yang ditulis oleh Muhammad Husein Abdullah, salah seorang anggota terkemuka Hizbut Tahrir, sebagai sumber data. Dalam menyajikan hasil penelitian, penulis mengawali dengan pembahasan tentang isu ideologi dan aqidah, lalu pembahasan tentang fitrah dasar manusia, teori tentang alat dan proses berfikir, dan terakhir tentang filsafat pendidikan itu sendiri, yang dibangun berdasarkan ketiga isu sebelumnya.
Cen 20160399 | J 2X7.3/17 Cen | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain